Lafadz Bacaan Niat Puasa Ramadhan Bahasa Arab Latin Beserta Artinya

Advertisement
Advertisement
Bacaan Niat Puasa Ramadhan Puasa adalah salah satu bagian dari pada rukun islam, jadi apabila kita mampu untuk berpuasa dalam arti tidak dalam keadaan udzur puasa maka hukumnya wajib untuk puasa dibulan ramadhan. Dan dalam puasa pun ada rukun, yang mana rukun puasa tersebut adalah harus membaca Niat Puasa Ramadhan, dan untuk rukun puasa yang kedua yaitu harus menahan diri dari segala sesuatu yang dapat membatalkan puasa.

Puasa sendiri dapat terbagi menjadi dua, yang pertama menurut bahasa yang berarti imsak atau menahan, jadi setiap menahan itu adalah puasa menurut lugot atau bahasa, misalnya menahan diri dari hawa nafsu, menahan diri dari maksiat, menahan diri dari makan dan minum, menahan diri dari segala larangan yang tidak dibolehkan dalam hukum syari'at islam, pokoknya setiap perkara yang sifatnya menahan adalah puasa menurut bahasa.

Sedangkan pengertian puasa menurut istilah adalah menahan diri dari makan dan minum, hawa nafsu dan segala sesuatu yang dapat membatalkan puasa yang dimulai dari terbitnya fajar sampai tenggelamnya matahari yang diawali dulu dengan niat. Jadi ketika kita sedang menjalankan ibadah puasa, kita harus menahan segala godaan-godaan yang dapat menimbulkan batalnya puasa.

Niat Puasa Ramadhan
Lafadz Bacaan Niat Puasa Ramadhan Bahasa Arab Latin Beserta Artinya
Artinya : Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta'ala.

Jadi apabila melakukan puasa wajib seperti dibulan suci ramadhan dan tidak diawali dengan niat maka puasanya tidak akan syah, hal tersebut berdasarkan sabda Rosululloh SAW:
Artinya : “Barangsiapa yang tidak berniat puasa sebelum fajar, maka tiada baginya puasa itu.”

Dan jangan lupa jika waktu buka sudah tiba, sebelum kita berbuka harus membacakan doa buka puasa terlebih dahulu supaya makanan yang dijadikan santapan buka puasa menjadi lebih berkah, demikian artikel ini kami buat, semoga bermanfaat.

Advertisement